Selasa, 15 Desember 2009

Ssttt.. Menguap Bikin Sehat, Lho

KOMPAS.com - Menguap dengan mulut terbuka lebar di tengah suasana formal memang terkesan kurang sopan. Selain tanda kelelahan, bosan atau mengantuk, sebenarnya menguap punya manfaat positif bagi kesehatan.

Ahli neuroscientis, Andrew Newberg, Direktur The Center for Spirituality and the Mind dari Universitas of Pennsylvania, mengatakan, menguap merupakan salah satu rahasia kesehatan.

"Kalau Anda ingin punya otak yang sehat, sangat penting untuk menguap," katanya.

Menguap, menurut Newberg akan menstimulasi irama saraf di bagian tertentu di otak dan mengatur temperatur otak dan metabolisme. Seluruh fungsi ini akan meningkatkan kontrol otot, meningkatkan sensualitas, bahkan mengatasi jet lag. Karena itu dia menyarankan agar kita menguap setidaknya 10 kali setiap hari.

Selain memberi dampak positif bagi otak, menguap juga membuat tubuh jadi lebih rileks. "Menguap lebih efektif dari meditasi untuk meningkatkan fungsi kongnitif," kata Newberg.

Penelitian juga menunjukkan menguap akan merangsang bagian otak yang berfungsi pada rasa empati dan kepedulian sosial.

Menguap juga membantu mengatur jam biologis tubuh. Saat kita sedang lelah, menguap merupakan sinyal agar kita segera beristirahat atau tidur.

AN

Editor: hertanto


0 komentar:

Posting Komentar

 

Featured