Rabu, 16 Desember 2009

Peringatan Bahaya Bikin Perokok Makin Aktif

MI - PERINGATAN kesehatan pada bungkus rokok yang mengingatkan efek fatal merokok justru membuat perokok semakin aktif. Risiko kematian dan ancaman kesehatan yang disampaikan begitu menakutkan sehingga orang berusaha mencari ketenangan dengan merokok.

Efek pesan ini dikaitkan dengan teori yang dikenal dengan Terror Management. Menurut teori ini, beberapa orang yang menderita cemas ekstrim mengenai kemungkinan kematian, secara konstan perlu meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Mereka yang merasa diri mereka lebih berharga dengan merokok (karena membuat mereka merasa seksi dan tenang) akan merokok lebih banyak lagi untuk menghilangkan ketakutan mereka.

Solusinya, menurut peneliti dari New York University dan University of Basel, Switzerland, adalah menggunakan slogan yang menyatakan bahwa merokok akan membuat Anda jelek dan berkulit keriput.

Studi mereka yang melibatkan 39 mahasiswa psikologi (berusia 17-41) yang juga perokok menemukan bahwa cara ini efektif mendorong perokok untuk berhenti.

"Secara umum, saat dihadapkan pada pesan antirokok yang berkaitan dengan kematian, mereka berusaha menghasilkan upaya aktif sebagaimana direfleksikan dengan kemauan mereka meneruskan kebiasan yang berisiko tersebut," terang peneliti, seperti dikutip situs dailymail.

Percaya diri

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Experimental Social Psychology ini, partisipan diminta mengisi kuesioner untuk menentukan seberapa banyak mereka merokok untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kemudian mereka ditunjukkan kotak rokok dengan berbagai jenis peringatan di atasnya.

Setelah 15 menit, para mahasiswa ditanyai mengenai kebiasaan merokok mereka, termasuk keinginan mereka untuk berhenti."Pesan-pesan yang tidak berkaitan dengan kematian terbukti efektif mengurangi keinginan mereka untuk merokok."

Penemuan ini, menurut peneliti, bisa menjelaskan dengan fakta mengapa peringatan seperti 'merokok membuat Anda terlihat tidak menarik' cukup menakutkan bagi orang-orang yang merokok untuk meningkatkan rasa percaya diri. (OL-08)

Penulis : Ikarowina Tarigan

1 komentar:

agungsetyabudi_call@yahoo.co.id mengatakan...

saya kira dengan slogan apapun tidak akan membuat mereka yang perokok berat untuk berhenti. Yang jleas sakit aja masih merokok apalagi yangbelum sakit.

Posting Komentar

 

Featured