Rabu, 16 September 2009

Waspadai Shower Penebar Bakteri

Republika Newsroom - COLORADO--Bagi Anda yang sering menggunakan shower atau pancuran setiap mandi patut waspada. Pasalnya, penelitian terbaru menyebutkan bila Anda mandi menggunakannya saat sistem imunitas tubuh sedang tidak bagus dikhawatirkan menjadi sumber bakteri masuk menuju tubuh.

Penelitian juga mencatat beberapa jenis kuman berpotensi penyebab penyakit paru serta menyebabkan masa sakit menjadi 100 hari lebih ketimbang di air sebelum menuju pucuk pancuran.

"Bakteri yang keluar dari mulut shower dan dihisap oleh orang yang sedang mandi," tukas Leah M Feazel, Ketua Tim Peneliti asal Departemen Molekuler, Sel dan Perkembangan Biologi, Universitas Colorado, As, seperti yang dikutip dari Healthday, Selasa (15/9) waktu setempat.

Akan tetapi, Feazel mengggarisbawahi, hasil penelitian menunjuk pada individu dengan sistem imunitas lemah saja. Sedangkan, individu dengan sistem imunitas yang normal tidak perlu khawatir.

Meski sebagian besar pakar kesehatan menyatakan tidaklah benar bila pucuk pancuran merupakan tempat bersahabat terbaik bagi bakteri dan kuman ketimbang tempat lainnya, Feazel dan Koleganya memutuskan untuk fokus pada penelitian pucuk pancuran dengan asumsi tempat ideal bagi mahluk mikroorganis untuk berkembang.

"Karakternya yang basah, lembab, terlindungi dari gangguan serta mudahnya bakteri mendapatkan makanan melalui letupan air. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah jarang sekali individu yang membersihkan pucuk shower mereka," tukasnya.

Para peneliti lantas menganalisis kuman yang ditemukan dalam 45 pucuk shower dari 9 kota di Amerika Serikat. Mereka menemukan variasi bakteri dari setiap pucuk Shower. Kebanyakan dari jenisnya tidak membuat sakit masyarakat. Tetapi mereka juga menemukan jenis bakteri macam mycobacteria yang diyakini menyebabkan penyakit paru.

"Jika ada individu yang merasa khawatir terkena penyakit paru usai mandi dengan shower, ada beberapa opsi pilihan. Ada baiknya dia mandi tanpa menggunakan shower, karena itu merupakan kemungkinan terbaik menghindari resiko," tukasnya.

Disebutkan Feazel, volume air saat menggunakan mandi biasa lebih besar ketimbang volume air yang dikeluarkan pada pancuran. Sebabnya, bakteri tidak akan masuk ketubuh manusia saat mandi biasa.

Selain itu, ganti pucuk pancuran yang terbuat dari plastik dengan pucuk shower yang terbuat dari bahan metal. Alternatif lainya, Feazel menyarankan agar menganti pucuk pancuran secara berkala. "Membersihkan bagian dalam pucuk shower memang sulit tapi justru efektif membersihkan bakteri," katanya.

Sementara itu,George A. O'Toole, Professor dari Departmen Mikrobiologi dan Imunologi di Dartmouth Medical School mengatakan bahwa bakteri bisa bersembunyi dimana saja. Dia membayangkan bila individu berada dalam dapur, kamar mandi dan tempat lainnya. Disitulah, sumber penyakit mungkin bisa ditemukan.

"Individu dengan sistem imunitas baik tidak perlu khawatir soal ini. Sementara, individu dengan sistem imunitas buruk patut waspada. Tapi, mereka tidak perlu khawatir setiap orang bisa melawannya," tegasnya.

Individu yang terinfeksi HIV, pasien kanker, pasien yang sedang menjalani kemaouterapi serta pasien penerima transplantasi, kata George, berpotensi mudah terinfeksi bakteri. Sebab itu, harus lebih waspada.

Meski penelitian ini terbilang unik, beberapa kalangan berpendapat tidak mungkin bakteri yang berasal dari air bisa dihisap manusia. terkecuali, bakteri yang berasal dari penyejuk udara. cr2/rin


4 komentar:

Unknown mengatakan...

Sering-sering olahraga aja biar bakteri tidak mudah masuk dalam tubuh kita. Plus menjaga pola makan dengan 4 sehat 5 Sempurna. OK

Unknown mengatakan...

saya baru tau kalau shower peebar bakteri yang bisa masuk dalam tubuh kita.

Unknown mengatakan...

Beruntug saya mandi tidak pakek shower, jadi tidak perlu hawatir dengan bakteri yang menempel di KEPALA shower. Karena saya memang tidak punya shower haaaa....

Unknown mengatakan...

Kalau bakteri suka bersarang di tempat yang basah dan lembab seperti di ujung shower, bagaimana dengan kran yang ada di dispenser padahal kita sering minum dari dispenser. MENGERIKAN....

Posting Komentar

 

Featured