Rabu, 09 Desember 2009

Tidur Cukup, Lambung pun Sehat

KOMPAS.com- Di dalam tubuh manusia terdapat sekitar 12 organ yang fungsinya saling mendukung dan saling terkait. Dari ke-12 organ tersebut, lambung adalah organ yang terus bekerja, seperti halnya jantung dan hati.

Lambung hampir tidak pernah beristirahat karena merupakan organ tubuh yang sifatnya aktif. Proses mencerna makanan berlangsung antara enam sampai delapan jam dalam sehari. Karena itu, organ ini harus dijaga agar selalu sehat. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebugaran tubuh.

Menjaga kebugaran tubuh dapat kita lakukan dengan tidur cukup. Ketika tidur, sel-sel tubuh tebihrtraksimal melakukan regenerasi. Selain itu, pada saat tidur, tubuh juga mengeluarkan senyawa yang berfungsi menetralisir stres saat kita terjaga. Stres bisa memicu produksi asam lambung berlebih.

Itulah sebabnya tidur dipercaya sebagai obat berbagai macam penyakit, tidak terkecuali asam lambung. Tidur yang cukup juga bisa menimbulkan pengaruh positif pada kesehatan psikologis dan fisik kita. (Sanny Cicilia Simbolon/Kontan)



Editor: Anna

Sumber : www.kontan.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

Featured