Selasa, 08 September 2009

Pelihara Binatang Jangan Asal

Jakarta, Bagi yang suka memelihara binatang atau memiliki usaha peternakan, sebaiknya cari tahu bagaimana merawat binatang dengan benar. Jangan asal memelihara binatang agar si pemilik tidak terkena zoonosis.

Zoonosis adalah penyakit infeksi yang terjadi secara alami dan ditularkan oleh binatang ke manusia, tapi tidak menutup kemungkinan dari manusia ke binatang. Zoonosis dibagi menjadi dua yaitu antropozoonosis infeksi dari hewan ke manusia dan zooantroponosis infeksi dari manusia ke hewan.

"Jadi kalau habis beli binatang peliharaan, mampirlah dulu ke toko buku untuk membeli buku cara merawat hewan yang benar," ujar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) depkes, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama SpP(K) dalam acara sarasehan bersama perwakilan ormas keagamaan di Gedung Depkes, Jakarta, Senin (7/9/2009).

Dr. Tjandra menambahkan banyak penyakit yang disebabkan oleh binatang dan bisa berbahaya seperti rabies dari binatang anjing, flu burung dari binatang unggas, pes dari binatang tikus, toksoplasma dari binatang yang berbulu seperti anjing atau kucing dan penyakit lainnya.

Zoonosis bisa dihindari dengan mengetahui cara merawat binatang peliharaan tersebut dengan benar dan tepat, serta menjaga kebersihan dari binatang yang ingin dipelihara termasuk kebersihan kandangnya.

"Untuk menghindarinya bisa dilakukan dengan cara kelola binatang tersebut dengan baik, cari tahu penyakit apa yang bisa ditimbulkan oleh binatang tersebut dan tahu bagaimana cara merawat yang benar," ujar Dr. Tjandra.

Penyakit zoonosis kurang lebih ada 150 jenis di dunia, tapi untuk di Indonesia ada sekitar 50 jenis. Untuk penyakit tertentu biasanya akan berkembang saat musim hujan atau setelah adanya banjir biasanya disebut juga dengan penyakit musiman, seperti penyakit pes, leptospirosis dan penyakit lainnya.

Jadi, bagi yang ingin meemlihara binatang jangan hanya senang memelihara untuk diajak bermain saja. Tapi juga harus tahu bagaimana cara merawat yang benar, sehingga terbebas dari penyakit yang mungkin bisa ditimbulkan oleh binatang itu sendiri.

Vera Farah Bararah - detikHealth

0 komentar:

Posting Komentar

 

Featured