Jumat, 18 September 2009

Beri Ginjal Waktu Istirahat dengan Mengurangi Berat Badan

DetikHealth - Ohio, AS, Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang bekerja berat untuk menyaring sampah serta racun dan mengeluarkannya melalui urin. Mengurangi berat badan yang berlebih bisa membantu ginjal istirahat dari kerja beratnya.

Peneliti di AS menemukan menurunkan berat badan melalui diet, olahraga atau operasi lemak bisa membantu penderita obesitas mencegah penurunan fungsi ginjalnya.

Lebih dari sepertiga orang dewasa di Amerika mengalami kelebihan berat bedan. Obesitas yang dialami orang-orang tersebut telah membuat mereka berisiko tinggi mengalami gangguan fungsi ginjal. Belum lagi ancaman penyakit lain seperti jantung atau diabetes.

Mengurangi berat badan telah terbukti bisa mengontrol risiko diabetes, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Dr Sankar Navaneethan dari Ohio's Cleveland Clinic melakukan penelitian dampak penurunan berat badan melalui diet, olahraga atau operasi. Temuan itu akan dipublikasikan dalam Clinical Journal of the American Society Nephrology.

Hasil penelitian menemukan penderita obesitas yang menurunkan berat badannya ternyata bisa mengurangi kerusakan ginjalnya dan bisa memberikan waktu ginjal istirahat karena memangkas kelebihan buangan protein dalam urinenya.

Saat ini lebih dari 20 juta orang Amerika mengalami penyakit ginjal kronis dan diperkirakan pada 2015 akan ada tambahan 700 ribu orang penderita baru yang mengalami gangguan ginjal stadium akhir.

"Pelihara ginjalmu, karena biaya perawatan ginjal sangat tinggi, jika Anda sudah terkena gangguan ginjal," kata Navaneethan seperti dilansir dari Reuters, Jumat (18/9/2009).

Irna Gustia - detikHealth

0 komentar:

Posting Komentar

 

Featured