Jumat, 19 Juni 2009

Undangan Posyandu

Seperti biasanya, satu kali dalam sebulan, di minggu kedua atau ketiga, kegiatan Posyandu di kompleks Gardenia diadakan. Pagi ini undangan datang ke Posyandu dikirim ke rumah oleh pak Satpam. Tertulis besok pagi ibu-ibu diundang ke Balai Riung RT 2, tempat Posyandu diadakan, sambil membawa anaknya untuk ditimbang atau diimunisasi.

Posyandu adalah kegiatan yang sangat bagus. Anak-anak usia balita dikontrol perkembangan kesehatannya; berapa berat badannya, apakah naik atau sama atau turun dibanding bulan yang lalu; berapa tinggi badannya, apakah bertambah atau sama (gak mungkin berkurang kan?). Jika grafiknya naik berarti anak dalam kondisi sehat, tapi jika sama atau turun artinya anak tidak sehat dan diingatkan untuk lebih memperhatikan makanan dan gizi anak. Prinsipnya, “Anak Sehat, Bertambah Umur Bertambah Berat”. Alhamdulillah, bulan Juni ini Arina naik berat badannya jadi 9 kg.

Selain itu, dicek juga jenis imunisasi yang sudah diberikan kepada anak. Apakah si balita sudah diimunisasi BCG, DPT, Polio, Campak, Hepatitis B, dan HIB? Jika belum akan langsung dilakukan imunisasi. Ada bidan dari puskesmas kelurahan Tirtajaya yang siap melayani. Arina di usianya yang 1,5 tahun ini sudah mendapat imunisasi BCG 1 kali, DPT 3 kali, Polio 4 kali, Campak 1 kali, Hepatitis B 3 kali dan HIB 2 kali. Plus sudah diberikan kapsul vitamin A dosis tinggi, gratis.

Selain aktifitas rutin menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan imunisasi, kadang disampaikan informasi kesehatan terutama kalau ada kasus kesehatan tertentu, seperti flu burung yang ramai beberapa waktu silam. Maklum di sekitar kompleks Gardenia ini ada 2 usaha peternakan ayam. Jadi memang kehati-hatian sangat penting.

Pulang dari Posyandu biasanya tiap ibu dan anaknya di-sangu-i/diberi buntelan kue dan air minum, yang biayanya diambil dari iuran warga se-RW. Ini cerita sehari-hari dan sederhana yang patut kita acungi jempol. Cerita hebat dari ibu-ibu Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Featured