Minggu, 17 Mei 2009

Sales Susu Formula

Beberapa hari ini sales perusahaan-perusahaan susu formula dan makanan bayi sering menelepon ke rumah. Bagus banget cara mereka menyapa kami. Menanyakan kabar Arina, sudah umur berapa, sudah bisa apa, sambil berharap Arina tambah sehat-sehat dan lucu saja. Lalu intinya mereka menanyakan produk susu apa yang diminum Arina sekalian menawarkan produk perusahaan mereka yang mengandung AA, DHA dan seterusnya yang katanya bisa menggantikan air susu ibu (ASI).

Karena Arina, juga Arvy dulu, mendapat ASI selama 2 tahun penuh mengikuti sunnah rasul, maka Bunda Arina hanya menjawab, “terima kasih nich..tapi Arina masih mimik ASI, jadi nggak minum susu formula, maaf ya”. Dasar sales (maksud saya hebatnya sales), mereka masih gigih menawarkan produk dengan pujian segala, “wah bagus bu, memang ASI paling baik..hebat juga nich ibu masih menyusui Arina 17 bulan..tapi bagus juga lho kalo diselingi susu formula, apalagi kalo pas lagi sibuk atau repot banget, trus perlu ditambah juga bu sama makanan pendamping ASI, kami ada bubur bayi dan biskuit bayi, ada banyak rasanya bu..ada rasa kacang hijau, ayam bawang, beras merah dll, boleh dicoba bu..”. Percakapan biasanya diakhiri dengan, “makasih ya mbak, nanti dicoba deh”.

Kalau dipikir-pikir menyebalkan juga perilaku perusahaan-perusahaan susu formula ini. Mereka tahu ASI paling baik buat bayi, dan tidak bisa digantikan oleh susu sapi, susu kedelai dan lainnya. Meski tahu ASI mengandung gizi paling komplit dan terbaik buat perkembangan bayi serta daya tahan bayi, mereka gencar sekali mempromosikan minum susu formula di usia 4 bulan. Untungnya, bidan Ros (RS Sumber Bahagia Depok) selalu memprovokasi dan menyakinkan Bunda Arina paling minim selama 6 bulan Arina harus mendapatkan ASI ekslusif. Bidan Ros bahkan bilang, “ASI adalah hak asasi bayi yang harus diberikan!”. Hebat ya bu bidan ini, jadi pantas memang kalo bidan Ros mendapat prediket Bidan Delima.

Tapi yang paling saya salut adalah keikhlasan dan pilihan Bunda Arina yang mau menyusui Arina dan Arvy selama 2 tahun tanpa henti. I love you full.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Featured